berbuat baik itu membantu hati yang sedang susah

halo, beberapa bulan terakhir ini perasaan saya sedang tidak menentu dan campur aduk, rasanya mau kemana-mana berat sekali dan pikiran saya letih sekali. Saya seringkali putus asa dan bingung apa yang harus saya lakukan dengan perasaan saya ini. Di balik semua kegundahan saya tersebut entah mengapa ada semacam dorongan kuat dari dalam diri saya untuk selalu terseyum di hadapan orang banyak, bersikap dua kali lebih ramah terhadap semua orang, melakukan hal-hal yang bisa membantu mereka, dan memberi perhatian yang lebih terhadap banyak orang lain. Saya tidak melakukan ini dengan tujuan tertentu, hal-hal ini hanya terjadi begitu saja, mungkin karena sekarang saya sedang benar-benar butuh juga berada di dekat orang-orang yang baik jadi saya bersikap baik terhadap orang, atau mungkin juga karena saya tidak punya seseorang khusus yang bisa saya perhatikan sepanjang waktu seperti dulu.

Saya adalah orang yang cuek dan tidak perhatian, percaya deh. Saya bisa lupa hari ulangtahun sahabat saya padahal sepanjang hari itu saya terus SMSan dengannya membicarakan hal lain, dan menurut saya itu memang keterlaluan. Saya tidak bisa memberi perhatian kepada setiap orang seperti memberi kejutan-kejutan kecil pada teman yang sedang ulangtahun. Saya tidak bisa menanyakan orang apakah orang tersebut sudah makan atau belum bila dia bukan orang yang spesial buat saya, dan yang paling penting, saya tidak bisa berbasa-basi. Sepertinya kemampuan sosial saya buruk sekali ya? Tapi apa yang orang lihat dari luar, itulah perasaan saya yang ada di dalam. Saya marah, maka muka saya akan tertekuk, saya sedang sedih, maka orang dapat menemukan saya menangis di salah satu pojokan kampus, saya tidak bisa meregulasi emosi saya.

Tapi, akhir-akhir ini berbeda. Saya menyapa setiap orang yang saya kenal, seringkali mengobrol sedikit, tapi bukan basa basi karena saya memang benar-benar tertarik dengan apa yang kami obrolkan. Saya kenal dengan orang-orang baru. Saya melakukan hal-hal kecil yang baik menurut saya, dan semuanya terasa begitu menarik, walau mungkin belum sampai bisa dibilang menyenangkan. Saya mendengarkan cerita dari banyak orang, tentang aktivitas-aktivitas mereka yang menurut saya baru. Saya membantu mereka bila ada yang mereka butuhkan, apa saja yang bisa saya lakukan.

Entah kenapa, sedikit, hal-hal itu membantu saya.
Untuk tersenyum perlahan-lahan.

– D! –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s