Oleh – Oleh Magang

Aloha, sebelumnya saya bilang mau nulis tentang pengalaman magang saya kan? Nah berhubung taun ini saya mau mengurangi kebiasaan ‘omomg doang’ jadi baiklah, saya akan coba nulis ini hehehe.

Ehem, sebelumnya mungkin sudah pernah saya sebutkan bahwa saya magang di suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa berkaitan dengan pengeboran minyak dan gas, PT.Elnusa Tbk. Saya magang di sini sehubungan dengan tugas dari kampus (jadi semacam KP gitu kali ya jatohnya?).  Kontrak kerja saya dimulai dari tanggal 5 Januari 2009 dan akan berakhir tanggal 4 Februari 2009. Saya magang di bagian HRD perusahaan, singkatnya di bagian rekrutmen dan pelatihan (tapi saya lebih banyak berkutat di pelatihan). Oh iya, jam kantornya jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Hari pertama magang, rasanya deg-degan dan bersemangat sekaligus nggak nyaman (karena baju kerja yang saya pakai tentunya). Dikasih tau secara sekilas di HRD itu ada bagian apa aja dan tugas singkatnya apa, tentu saja saya masih belum bener-bener bisa nangkep apa yang dikasihtau. Dikasih laptop dan meja untuk kerja, dan dikasih kerjaan tentunya. Dengan malu-malu memberanikan diri menyapa temen sebelah meja yang ternyata juga anak magang. Selanjutnya lebih banyak diam dan mengerjakan kerjaan yang dikasih

Hari demi hari berlalu, dan inilah kesimpulan dan pelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan magang selama kurang lebih sebulan :

1. Pekerjaan Rutin Bisa Menurunkan Kemampuan Kognitif

Oh iya, sebelum menulis lebih lanjut, semua tulisan ini semata-mata hanya opini saya dan samasekali nggak ditunjang oleh data-data terkait ya hehe.

Nah, lanjut. Berhubung saya hanya anak magang tentunya saya hanya mengerjakan apa yang diminta aja dong sama si penyelia saya. Kegiatan yang saya kerjakan itu kebanyakan administratif banget, seperti merekap evaluasi dari pelatihan, memasukkan data pelatihan 2008 ke data personal karyawan (satu persatu, FYI), merekap perencanaan pelatihan untuk tahun 2009 dari setiap divisi, yah semacam itulah.

Bisa dilihat itu adalah kerjaan rutin yang setiap harinya saya lakukan. Rasanya? Wah belum pernah otak saya rasanya seperti mati rasa gitu. Gatau kenapa itu aneh banget sampai-sampai waktu ditanya tanggal atau hari apa hari itu saya kayak yang bingung bengong sebentar sebelum akhirnya saya liat handphone sekedar untuk liat itu hari apa atau tanggal berapa, parah. Selain itu, kemampuan mengingat saya pun jadi menurun, saya juga jadi nggak bisa membuat perencanaan-perencanaan seperti saya yang biasanya. Saya merasa betul-betul nggak produktif dan jenuh.

Lalu saya berpikir, jangan-jangan saya nggak bisa kerja kantoran? Atau ini hanya karena saya semata-mata sebagai seorang anak magang jadi memang tidak diperlukan inisiatif dalam bekerja sehari-harinya? Mungkin temen-temen yang sudah bekerja bisa membantu menjawab?

bersambung . . .

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s