demam analogi

Teman 1 dan analogi-nya :

anggep saja seperti angin semilir yang ada di puncak. Dimana-mana, puncak itu udaranya udah sejuk dan enak untuk dinikmati kan, ada atau nggak ada angin pun

(tentang bagaimana menghadapi tarik ulur)

Gue sih nggak terlalu suka kupu-kupu. Mereka itu proses metamorfosisnya aja yang lama, begitu udah jadi kupu-kupu, hobinya terbang dari satu bunga ke bunga yang lain. Udah gitu matinya cepet lagi!

(tentang butterfly effect di perut)

Teman 2, dan analoginya :

“Mundur bukan berarti balik kanan bubar jalan, mundur berarti yang di depan masih kelihatan”

yang kemudian saya lanjutkan

“Mundur dengan penuh perhitungan. Jangan lupa pakai spion sekalian, siapa tahu di belakang ada juga yang kelihatan”

(tentang menyusun strategi)

Teman 3, dan analoginya :

ryz_g4: oke, gw beri analogi terakhir tentang kehidupan gw:
gazzlebee70: cool banget mas ramda ini curhat saja pakai analogi
gazzlebee70: mari coba saya simak
ryz_g4: gw petualang yang sudah terlalu sering ditolak masuk ke negara2
ryz_g4: sekalipun gw hanya ingin singgah dan belum tentu menetap
gazzlebee70: okay
ryz_g4: jadi ya kalau mau menyombong, gw sudah melihat dunia tapi sebatas sekilas saja
gazzlebee70: tsaah.
ryz_g4: hahaha
ryz_g4: pas masuk imigrasi langsung disuruh pulang =))
gazzlebee70: hahaha mungkinkah anda ditolak masuk karena pemerintahan negara ini tau anda tidak berminat untuk menetap?
gazzlebee70: itu bisa jadi begitu
ryz_g4: nggak juga, rata2 mereka memang hanya peduli dengan program pariwisata mereka saja
ryz_g4: asumsi mereka, turis pasti cuma sebentar
ryz_g4: dan mereka selalu minta turis yang ganteng dan kaya untuk menjaga image pariwisata mereka
ryz_g4: they don’t like backpackers who fall in love with them
gazzlebee70: ah gue benci banget kata-kata ” cari pacar yang kaya “
gazzlebee70: cih.
gazzlebee70: *maaf terbawa sesaat
ryz_g4: or rather, they don’t want to take any chances
ryz_g4: “yang aman2 saja”
ryz_g4: kenapa begitu?
gazzlebee70: kenapa begitu apa?
gazzlebee70: kenapa gue gasuka kalimat itu?
ryz_g4: yup
gazzlebee70: ya gasuka aja, parasit kesannya
gazzlebee70: dan betul deh, berdasarkan pengalaman, pacaran dengan orang yang kelas sosial ekonominya lebih tinggi belum tentu juga menyenangkan
ryz_g4: gw sudah menerima kalau sometimes it matters sih haha
ryz_g4: fair enough for me
ryz_g4: :p
B : gw petualang yang sudah terlalu sering ditolak masuk ke negara2
B : sekalipun gw hanya ingin singgah dan belum tentu menetap
D: okay
B: jadi ya kalau mau menyombong, gw sudah melihat dunia tapi sebatas sekilas saja
D: tsaah.
B: hahaha
B: pas masuk imigrasi langsung disuruh pulang =))
D: hahaha mungkinkah anda ditolak masuk karena pemerintahan negara ini tau anda tidak berminat untuk menetap?
D: itu bisa jadi begitu
B: nggak juga, rata2 mereka memang hanya peduli dengan program pariwisata mereka saja
B: asumsi mereka, turis pasti cuma sebentar
B: dan mereka selalu minta turis yang ganteng dan kaya untuk menjaga image pariwisata mereka
B: they don’t like backpackers who fall in love with them
D: ah gue benci banget kata-kata ” cari pacar yang kaya “
D: cih.
D: *maaf terbawa sesaat
B: or rather, they don’t want to take any chances
B: “yang aman2 saja”

(tentang percintaannya selama ini)


Teman 4, dan analoginya :

K: yang pasti loe ngga kliatan males, kaya orang lagi mau nyemplung ke kolam air panas, nah loe tuh masih nyelup2 kaki loe ke kolam, kaya ngeraba2, masih di situ aja,.

D: cari masalah banget deh gue. ck.

D: maksudnya gimana sih

K: yah gt, loe di kolam bernang air panas, loe ngliat nih

K: kolam mana yg asik ya??

K: pas nemu kolam ini,

K: loe tuh udah ngeliat kalo yang ada di dalem kolam itu ada org aneh lg ngerendem,

K: tapi bukannya cabut cari kolam lain, loe malah nyelup2 kaki ke kolam itu, pnasaran, angetnya pas ngga ya buat gw,.

K: asik ngga ya ni kolam buat gw, ya elo tuh ada di situ,.’

D: ck cari2 masalah aja gue deh

D: oke

D: jadi saran lo apa

K: saran gw, ngga pa2 si nyelup2 kaki ke situ, kali aja tu kolam emang asik buat loe,. tapi kalo ternyata kaki loe aja bilang kalo tu kolam terlalu panas ato terlalu dingin buat loe,

K: ya, langsung cabut

K: jangan nyoba2 nyelup2 pake tangan,.

K: :))


(tentang mengambil resiko)


Teman 5, dan analoginya:


Kalau lagi nyetir dan udah punya satu tujuan tertentu, ya lo harus tetep stick di jalur lo. Jangan terus-terusan pindah-pindah jalur. Apalagi sampai ngambil jalur orang lain. Bisa dimaki-maki orang tuh”

(tentang berkomitmen pada tujuan awal)


Saya heran. Akhir-akhir ini entah kenapa orang-orang di sekitar saya hobi sekali menggunakan analogi, mulai dari dosen, teman jalan, teman curhat, sampai kegiatan chatting pun senantiasa diisi dengan analogi.  Saya mulai merasa saya harus meningkatkan kemampuan abstraksi saya dan mulai memahami sastra.

Menyenangkan sebetulnya

Siapa tahu bisa meningkatkan inteligensi :p

– D! –

7 comments

  1. rizaselfiana

    teman 1 lo pasti orangnya keren abis deh, cool gitu omongannya.. bwahahahaa *jumawanorakbanggaluarbiasa* :p
    semua orang sedang berusaha menyampaikan maksud mereka secara implisit dhe, dengan tujuan masing2, berharap bisa dipahami. bahasa yang tersirat lebih dalam dari yang tersurat toh? hahaha

  2. dheasekararum

    @riaselfiana : iya deh temen 1 gue itu COOL banget anaknya, teman saya itu jomblo lhoooo buat yang ingin kenalan hahaha. yah, gue sendiri seringkali lebih mudah menyampaikan maksud gue dengan panjang lebar melalui media tulisan atau sesuatu yang tersirat supaya kata-katanya tidak terlalu ‘frank’, jika menggunakan istilah lo. Kebiasaan gue terlalu jujur itu suka nggak baik deh haha. gue harus belajar beranalogi lebih banyak lagi mungkin? :)

    @Lex : tampaknya kemampuan abstraksi mereka memang tingkat tinggi :D

    – D! –

  3. Pingback: Mengolah ~emo tweet agar enak dibaca (bagian 2). « my ups and downs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s