Ada Apa Dengan Menjadi Kaya?

Dulu saya merasa agak kesal setiap kali saya mendengar ada orang yang bercita-cita menjadi kaya. Saya selalu berpikiran bahwa cita-cita tersebut terdengar picik dan sangat rakus. Saya selalu mengira orang-orang dengan cita-cita demikian pastilah orang-orang yang hanya mementingkan isi perutnya sendiri dan tidak peduli dengan orang lain. Padahal saat itu saya sendiri tidak bertanya lebih lanjut kenapa mereka ingin menjadi kaya, atau apa yang akan mereka lakukan dengan kekayaan mereka.

Seiring dengan bertambahnya usia saya, pandangan tersebut berubah total. Semakin dewasa, saya kemudian memahami bahwa menjadi kaya adalah suatu hal yang penting.

Kenapa?

Karena money means power. Jika kita punya cukup banyak uang dan kita cukup pintar untuk tahu bagaimana cara menggunakannya, kita bisa memiliki kekuasaan sampai titik-titik tertentu. Lalu mengapa kekuasaan ini menjadi sesuatu yang penting? Akhir-akhir ini saya baru menyadari bahwa dengan adanya kekuasaan, kita akan menjadi sosok yang ‘penting’ dan ‘berpengaruh’ di antara banyak orang. Hal ini penting, bahkan bagi saya, karena dengan demikian kita dapat menyampaikan ide-ide kita dan mempengaruhi orang. Ergo, kita bisa mengubah keadaan demi kepentingan lebih banyak lagi orang. Kita bisa membantu lebih banyak lagi orang, atau, paling tidak, itu yang saya pikir soal menjadi kaya dan mempunyai kekuasaan.

Lalu apakah ini berarti orang yang tidak kaya berarti tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengubah keadaan masyarakatnya agar menjadi lebih baik?

Tidak. Saya tidak pernah bilang demikian, karena logikanya tidak bisa dibalik semudah itu. Di sini saya mencoba realistis. Katakan saja seorang pengusaha yang memiliki banyak uang, tentunya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun suatu sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak dari golongan yang tidak mampu, misalnya, dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit uang. Lalu orang-orang yang memiliki uang banyak juga bisa membangun stasiun televisi atau program-program yang tujuannya untuk mendidik masyarakatnya, tentunya memiliki peluang lebih besar dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki banyak uang. Dengan memiliki banyak uang, orang-orang tersebut juga memiliki kesempatan untuk melakukan pencitraan diri lebih baik, lewat media misalnya, hal ini tentu memudahkan penyampaian ide dan gagasan mereka menyangkut suatu isu tertentu. Ini yang saya maksud dengan money means power.


Lalu, kalau memang tidak bisa kaya, apakah kita harus berdiam diri dan pasrah terhadap keadaan? (ini rada curhat)

Tentu saja tidak. Karena seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, bukan berarti tidak kaya lantas tidak dapat melakukan apa-apa. Karena walaupun sebelumnya saya mengatakan bahwa orang kaya memiliki lingkup pengaruh yang sangat luas, orang yang tidak/kurang kaya (misalnya saya *uhuk*) juga memiliki lingkup pengaruh, walau mungkin jauh lebih sempit dibanding si kaya. Kalau dipikir kembali, walaupun tidak kaya, paling tidak kita pasti punya lingkaran orang-orang terdekat atau lingkungan terdekat kita kan? Saya rasa kita bisa mulai untuk melakukan sesuatu untuk mengubah keadaan agar menjadi lebih baik bagi orang banyak, mulai dari yang situ, mulai dari tindakan-tindakan yang terkecil. Saya belajar untuk memahami bahwa sekecil apapun tindakan kita, paling tidak kita melakukan sesuatu yang konkret dan tidak hanya banyak bicara. Saya termasuk tipe orang yang yakin bahwa jika  kita konsisten untuk melakukan usaha-usaha tertentu, setidak-tidaknya akan ada titik dimana kita bisa menuai hasil usaha kita. Mungkin tidak banyak, namun cukup. Paling tidak, saya kita berusaha menggunakan waktu saya kita untuk melakukan suatu tindakan yang bertujuan mengubah keadaan menjadi lebih baik, bukannya menghabiskannya dengan menyesali diri dan membanding-bandingkannya dengan keadaan si kaya.

Berarti, penting nggak sih untuk jadi kaya/tidak kaya?

Menjadi kaya atau tidak kaya tetap penting. Namun pertanyaan yang lebih penting untuk ditanyakan adalah, apa yang hendak dilakukan dengan kekayaan tersebut?

– D! –

2 comments

Leave a Reply

