Terima Kasih yang Berbeda

Mengucapkan terima kasih seringkali terlewatkan begitu saja, terlalu dinggap sepele dan mudah sehingga kemudian terlupa. Jika pun teringat, ucapan terima kasih yang tersampaikan hanyalah kepada orang-orang ataupun pengalaman yang menurut kita baik saja, yang selalu membuat kita tersenyum, yang memberi kita kemudahan-kemudahan hidup dan meloloskan kita dari sakit hati. Pernahkah kita berterima kasih pada mereka yang telah membuat kita sakit hati dan bersedih? Pernahkah kita berterima kasih pada mereka yang pernah kita anggap menghancurkan kebahagiaan kita? Pernahkah kita berterima kasih pada kesempatan untuk merasakan kepahitan dan kesedihan?

Di kesempatan ini, saya ingin meluangkan waktu padanya.

Pada pengalaman yang tidak enak dalam hidup saya, pada pengalaman yang hingga saat ini membuat dada saya terasa seperti dicengkeram rasa sakit yang membuat saya sulit mengatur napas setiap kali membicarakannya. Pengalaman yang dengan mudahnya menyulut emosi saya dan melahirkan genangan air di pelupuk mata saya yang saya tahan dengan susah payah melalui keangkuhan. Pengalaman yang membuat saya begitu terluka. Pengalaman yang mengubah pandangan saya tentang dunia, tentang orang lain, juga tentang diri saya. Pengalaman yang pasti akan selalu ada di sela-sela lekukan perjalanan kita.

Terima kasih telah mengenalkan saya pada wajah lain dari dunia. Terima kasih pula telah memaksa saya keluar dari balutan selimut hangat yang nyaman untuk merasakan tajamnya hawa dengki yang menusuk. Terima kasih untuk telah membuang skema saya yang sebelumnya. Terima kasih telah menampar saya dengan sangat keras dan belajar sesuatu yang baru.

Untuk semua pengalaman buruk dan rasa sakit hati,

terima kasih karena telah membuat saya lebih kuat,

mendewasakan,

dan membiarkan saya bertumbuh menjadi diri saya yang seperti sekarang ini.

– D! –


2 comments

Leave a Reply

